Assalamu Alaikum Wr Wb…

Salam Sejahtera buat kita semua, ijinkan saya memperkenalkan diri saya

Saya DIAN EKAYANTI…

Usia 33 Tahun

Usaha saya Kuliner Jepang My Sushi O

Saya berasal dari Makassar, tetapi sejak 6 tahun lalu saya hijrah ke Kendari, Sulawesi Tenggara dan memulai bisnis kuliner kecil2an  sejak 4 tahun lalu….

Saya mencoba peruntungan bisnis dalam bidang Kuliner, khususnya makanan Jepang, di mana 4 tahun lalu bisnis makanan di kota kendari belum terlalu menjamur sementara pendatang semakin berdatangan baik yang kena mutasi di BUMN, pemda dan lain sebagainya. Melihat hal tersebut insting bisnis saya mulai berjalan. Karena sebagian pendatang tersebut berasal dari kota besar, yang selalu mencari cari makanan yang ada di kota asalnya, salah satunya adalah Sushi.

Saat itu saya belum cukup ilmu buat membuatnya, walaupun saya sangat hobby makan sushi, tapi waktu itu belum mempunyai keberanian untuk memulainya. Mengingat bahan bakunya sangat terbatas di kota Kendari ini. Hingga pada satu waktu, saya ke salah satu swalayan, dan melihat di swalayan tersebut menjual nori lembaran cutting, ( snack nori ), i’m very excited, saya pun akhirnya berani membuat dengan modal *tanya google dan melihat youtube* serta memberdayakan peralatan seadanya….

Bukan awal yang baik untuk memulainya….try and errorr, try and error… Begitulah terus berlanjut hingga hari kedua pun terlewati dengan sedikit keberhasilan…. Senang pastinya, segera saya jejal ke keluarga dan kerabat, saat itu benar2 pure hanya membuat mereka merasakan “ini loh yang namanya sushi, jajanan hits di kota besar,hehehe” saat itu belum terfikir untuk membuat dan mengkomersilkannya….

Sampai akhirnya kakak ipar saya, menyuruh saya membuat lebih banyak dan di bawa ke acara arisan kampusnya, saat itulah hari demi hari repart order mulai merangkak… Sebulan open, akhirnya saya tutup usaha itu walaupun hanya buka online. Dengan alasan, bahan sangat terbatas dan susah di cari di kendari. Saya pun mesti menambah skill dan kemampuan, bukan hanya berdasar om google aja. Saya memberanikan diri ke surabaya, bandung dan jakarta baik kursus maupun testing japanese street foodnya serta mencari link distrubutor bahan.

Semua usaha terlalui, kemudian saya mengimplemantasikan ilmu2 baru dan pengalaman baru tersebut setibanya di Kendari. Memantapkan diri resign dari pekerjaan di perusahaan dan fokus di usaha online My Sushi O  waktu itu. Saat itu saya membuka usaha dengan jasa delivery order ( online aja ) dengan sistem PO setiap harinya, kecuali hari minggu. Menangani semuanya, mulai dari beli bahan baku, produksi, promosi bahkan sesekali mengantar pesanan sampai ke costumer.

Jualan online pun semakin hari semakin joss, mencoba merekrut karyawan, satu demi satu. Hingga 2 tahun berjalan saya memutuskan untuk membuka gerai, di karenakan costumer mulai mengeluhkan pesanannya tidak datang tepat waktu ,kurang fresh krn ada durasi waktu pengataran dan lain lain, akhirnya gerai pertama saya numpang di salah satu warkop, selama 1 tahun silih berganti keluhan ketidaknyamanan dan lain lain, akhirnya pindahlah saya setahun yang lalu ke area FoodCourt KTOZ Kendari Square… Yang tempatnya lebih baik, lebih homie dan lebih membuat costumer saya lebih nyaman.

Harapan saya kendepannya My Sushi O ini menjadi Usaha yang lebih berkembang lagi, lebih siap mental lebih terarah menajemennya, lebih kokoh tidak tergerus oleh jaman dan musiman kuliner, lebih ngebranding di ingatan orang2 kendari, cari makanan jepang yah My Sushi O aja…

Dan impian kecil saya my Sushi O sudah bisa mengcover jajanan lokal atau makanan lokal yang di olah atau di adopsi dengan look atau taste japanese food. misalnya Sushi Sagoe.

Harapan lainnya jika My Sushi O sudah cukup fondasi management dan keuangan  yang kuat , saya ingin My Sushi O membuka cabang lainnya di Sulawesi Tenggara ,Kolaka atau Bau-Bau, mempunyai food truck, serta sushi My Sushi O bisa kirim keluar kota dalam bentuk frozen food.

Alasan saya dan motivasi saya ikut IWPC, sangat berharap saya lebih paham strategi bisnis, khususnya mengenal bisnis saya lebih baik lagi, membuat fondasi management yang kuat… Membuatnya bertumbuh tidak berjalan di tempat. Menjadikan bisnis saya adalah sistem…sistem yang paling tepat dari berbagai kerangka bisnis management.

Demikian gambaran singkat tentang saya, usaha saya dan harapan saya kedepannya . Terima Kasih.

Comments

comments

Share