Berikut data saya:
Nama : Sera Yolanda
No Hp: 082113579914
Nama Usaha: Baby Laundry
Bidang: Laundry pakaian bayi dan anak

Baby Laundry merupakan jasa pencucian kiloan pertama dan satu-satunya yang dikhususkan untuk pakaian bayi & anak. Baby Laundry berdiri sejak Oktober, 2019 ditujukan untuk membantu para orangtua terutama Ibu muda dalam menjaga kebersihan & kesehatan pakaian bayi & anak, karena Baby Laundry hanya menggunakan produk pembersih pakaian khusus bayi, sehingga aman dari bahan kimia berbahaya penyebab alergi pada kulit bayi. Produk pembersih Baby Laundry juga ramah lingkungan, sehingga tidak menyebabkan kerusakan lingkungan dan ekosistem.

Awal mula ide bisnis Baby Laundry tercipta sekitar 2-3 tahun lalu, terinspirasi saat melihat kakak saya yang baru saja melahirkan dan sibuk mengurus bayi, namun direpotkan dengan tumpukan cucian pakaian bayi yang setiap harinya banyak, dan jika tidak dicuci cepat bau kotoran/susu/muntah membuat rumah menjadi tidak nyaman. Sehingga saya terpikirkan, kenapa tidak menciptakan laundry pakaian bayi dan anak, apalagi saat itu belum ada pesaing. Saya merasakan tentunya para Ibu khawatir jika melaundry baju bayi di laundry biasa, mulai dari deterjen yg tidak aman, pakaian yg mungkin saja tercampur dengan pakaian dewasa, belum lagi penolakan dari laundry untuk mencuci pakaian dengan kotoran bayi, serta proses yang mungkin tidak higienis.

Namun karena belum memiliki cukup modal, akhirnya ide bisnis tersebut baru bisa saya wujudkan di akhir 2019, dengan modal seadanya yg hanya bisa membeli 1 mesin cuci, 1 mesin pengering, 1 setrika boiler, sewa kios kecil, dsb. Di bulan pertama saya agak pesimis apakah bisnis ini bisa maju, mengingat orderan tidak terlalu banyak, harga yg lebih mahal dibanding laundry biasa, target segmen yg bias karena malah pelanggan baju dewasa yg melaundry di tempat saya. Namun pelan-pelan, mulai ada orangtua yg mempercayakan mencuci pakaian & perlengkapan bayi di tempat saya, bahkan mereka berdomisili cukup jauh dari laundry saya, dan pengiriman/penjemputan pakaian harus via ojek online, sehingga saya kembali optimis bahwa laundry ini punya pasar yang besar dan bisa berkembang. Karena itu saya butuh wadah dan program untuk saya agar bisa belajar dan serius menekuni bisnis ini dan membesarkannya.

Melalui bisnis ini, impian saya untuk bisa mempekerjakan para difabel kesampaian, alhamdulillah saat ini sudah 2 difabel yang bekerja ke saya. dan saya berusaha untuk komitmen dalam merekrut hanya difabel sebagai pekerja saya. Karena saya ingin bisnis saya bukan hanya menuai profit materi tapi juga pahala.

Alasan ikut IWPC:
Saya membutuhkan pelatihan, mentoring, dan komunitas untuk belajar bersama dalam mengembangkan bisnis dan ide-ide yang belum bisa saya eksekusi 

Kendala:
Saya belum pernah berbisnis sebelumnya, sehingga minim pengalaman dan keberanian untuk melakukan berbagai ide bisnis. Serta keterbatasan waktu dan kesulitan untuk manajemen waktu antara bekerja sebagai karyawan, serta menjadi istri sekaligus pengusaha. Saya memiliki banyak ide, tapi sulit untuk eksekusi.

Sera Yolanda – IWPC 26 Jakarta

Comments

comments

Share