Bismillaahirrahmaanirrahiim..

Assalamu’alaikum wr wb..

Saya Sri Machrani.
Akhir 2016, saya mendirikan PAUD Ar-Rahmah Islamic School di Kolaka, Sulawesi Tenggara.
PAUD kami adalah yg pertama berkonsep full day, sekaligus penitipan anak di Kolaka. Lbh Dr 50%, Masy Kolaka adalah ASN, di mana jam kantor sampai jam 4 sore, namun masih bnyk orgtua yg lbh memilih menitipkan anak pada orgtua nya (kakek-nenek) d rmh atau mgk karena alasan lainnya, shg murid kami belum banyak.

Krn pendapatan kas sekolah tdk pnh mencukupi biaya operasional, stiap bulannya sy mengeluarkan biaya pribadi – Lebih tepatnya, uang suami..hehe – untuk membayarkan gaji guru2. Krn sy ibu rumah tangga, sy tidak punya sumber penghasilan.

Alhasil, bknnya punya penghasilan Dr bisnis, tp malah menambah pengeluaran setiap bulan.

Akhirnya sy berpikiran, sy harus pny bisnis lain, yg bs menghasilkan, shg kalaupun kas sekolah tdk mencukupi, sy tdk harus “menodong” rekening suami, tapi Dr dompet sendiri. Dan, di sisi lain, karena sekolah sy ada d Kolaka, tentu teman2 saya yang berada di luar kota tidak bisa menikmati jasa yang dimiliki sekolah kami.

Lain halnya jika saya mempunyai produk yg bisa dijual secara online. Terlebih, impian sy sejak dulu adalah punya bisnis yg bisa go-internasional.

Karena passion saya di Fashion, sy nekat membuat brand Hijab syari dengan label Maharani Hijab. Tapi sy tdk mau jd reseller produk lain.

Tanpa perhitungan yg matang, dan tanpa ilmu produksi sama sekali, saya langsung buat logo dan hang tag. Mulanya sy ingin bekerjasama dengan rumah Jahit yg sudah punya target marketnya jelas di Makassar, tp sayangnya di situ tdk bisa membawa bahan sendiri. Sementara, sy ingin produk dengan bahan yg lebih beragam, lebih berkualitas, dan dengan desain yg lebih kekinian.

Karena saat hamil, saya merasakan sulitnya menemukan cutting Gamis yg nyaman untuk ibu hamil, dan ketika saya melahirkan, Gamis nya tidak bisa dipake lagi untuk ibu menyusui. Jadi saya membuat Gamis yg support unt ibu hamil dan menyusui, dan Gamis unt anak juga.

Walaupun menemui banyak kendala juga, Alhamdulillah respon keluarga dan teman cukup membuat saya semakin semangat. Walaupun ada jg yg masih under estimate. But, it’s bussiness. Lebih baik mengeluarkan energi kepada org yg memberikan respon positif. Ya kaaann ….

Impian saya adalah menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi di kedua bisnis saya ini. Karena itu, saya harus menjalankannya secara profesional. Terlebih lagi, saya ingin sekolah saya Ar-Rahmah Islamic School bisa lebih mandiri dari segi pendapatan Kas sekolah dan bisa berkembang menjadi Sekolah Islam Terpadu, dan bisnis hijab saya @Maharanihijab_andbabyzara, lebih dikenal masyarakat luas, bukan hanya sebatas teman atau keluarga sendiri.

Melalui Facebook, saya mendapatkan informasi tentang iwpc.Inkubator Bisnis IWPC 
yang memberikan program bimbingan dan pendampingan intensif selama 4 bulan  kepada pelaku UKM secara profesional yang kali ini diselenggarakan di Makassar

Harapan saya, dengan mengikuti iwpc ini, dan memohon ridho Allah, semoga bisnis saya semakin banyak yg merasakan manfaatnya, baik dari segi produk, maupun tenaga kerja. Aamiin

Sri Machrani R.N

Comments

comments

Share