Octavia Tersiana biasa dipanggil Ocky, kelahiran tahun 1969. Tahun 2000 setelah memutuskan keluar dari bank tempat saya bekerja,   saya menjadi  ibu rumah tangga murni  dengan dua orang anak yang kini sudah beranjak remaja.  Sudah sejak  lama saya  ingin mempunyai  usaha sendiri, namun belum tahu usaha apa yang pas untuk saya. Saya memulai nya dengan berjualan asesoris anak2 secara retail di kota Surabaya. Saya dulu sering ikut bazaar-bazaar yang diadakan oleh warga. Dan saat itu saya bermimpi  mempunyai  toko  asesoris  sendiri, tapi mimpi itu tidak terwujud karena perkembangan model2 asesoris bergerak cepat, saya tidak bisa mengikutinya.

Kemudian tahun 2008, suami saya dipindah tugas ke Jakarta… kami sekeluarga pindah ke daerah Gading Serpong.  Tahun 2009 saya memulai  usaha londri kiloan dan puji Tuhan usaha ini masih berjalan sampai sekarang. Meskipun  tidak besar, namun usaha ini  cukup membantu untuk membayar tenaga kerja dan juga permakaian listrik sehari-hari.

Seiring berjalannya waktu….. usiapun bertambah  dan beberapa tahun lagi suami harus pensiun.  Untuk itu kami harus memikirkan usaha lain yang lebih besar, yang  dapat kami andalkan  untuk melanjutkan hidup kami sekeluarga.

Kami  berdua dengan suami  telah memikirkan dan mempersiapkan sebuah usaha baru, yaitu Warung Kopi…. atau Kafe.

Meskipun  saat ini kami sama sekali belum mempunyai ketrampilan  untuk membuat minuman kopi yang enak, dan juga kami belum mengetahui seluk beluk mengenai  kopi. Namun kami mempunyai niat yang besar  untuk menjalankan usaha ini.

Rencana  Bisnis

  1. Mempersiapkan tempat yang nyaman untuk menikmati secangkir kopi
  2. Mengikuti pelatihan cara membuat kopi (espresso)
  3. Mempelajari lebih dalam tentang jenis -jenis kopi
  4. Mempersiapkan tenaga kerja yang trampil
  5. Melakukan pemasaran lewat spanduk dan brosur

Target ke depan

  1. Berhasil menarik pelanggan untuk mampir ke Kafe
  2. Berhasil menciptakan tempat kongkow bagi bapak-bapak maupun ibu-ibu yang sedang menunggu anaknya sekolah, maupun yang sekedar ingin mengobrol.

 

Motivasi mengikuti program  IWPC 4 :

  • Berharap mendapat ilmu tentang cara berbisnis yang baik dan benar
  • Mendapat pengarahan dan saran serta masukan yang dapat digunakan pada saat bisnis sudah berjalan
  • Setelah selesai mengikuti IWPC mempunyai kepercayaan diri untuk menjalankan usaha ini.
  • Dan dapat memperbaiki usaha yang sudah berjalan, supaya bisa lebih berkembang.

 

 

Comments

comments

Share