Saya Maria, ibu bekerja dengan 2 anak. Hobi saya dan suami senang massage di rumah saat weekend atau libur. Sudah lama saya memimpikan punya usaha sendiri yang bisa memandirikan ekonomi keluarga sehingga saya bisa bekerja di rumah sambil membesarkan anak-anak. Sayangnya mimpi itu cukup lama, karena berbagai alasan kekuatiran, antara lain usaha apa yang cocok dengan modal pas-pasan seperti kami, bagaimana memulainya? Juga kekuatiran akan keamanan finansial keluarga jika saya berhenti bekerja.

Perusahaan tempat saya dan suami bekerja terbilang cukup mapan. Tidak ada yang menyangka saat ini kondisi perusahaan tempat saya dan suami bekerja dalam kondisi kurang baik, memaksa kami segera mulai mencari alternatif usaha, dengan harapan saya sudah mandiri saat kondisi perusahaan makin buruk atau saat pensiun nanti, paling tidak kami stress dan masih ada income untuk kebutuhan keluarga.

Sesudah diskusi cukup panjang, memilih-milih usaha yang cocok bersama suami, kami putuskan untuk memulai usaha jasa massage panggilan dan modal yang paling minimal karena masalah budget dari kocek sendiri yang terbatas. Dengan mengumpulkan keberanian, saya dan suamiĀ  berusaha mewujudkan usaha di akhir tahun 2017 lalu. Kami mulai usaha dengan sedikit pengetahuan mengenai usaha jasa ini. Beberapa bulan berjalan, saya merasa kesulitan dan kurang percaya diri dengan berbagai masalah usaha, antara lain:

  • Bagaimana Strategi SDM; perekrutan terapis, memanage karyawan/terapis sebagai ujung tombak usaha, melatih terapis agar memiliki skill yang mumpuni
  • Bagaimana Strategi harga layanan? menentukan harga layanan vs kompetitor yang memasang tarif layanan lebih murah karena competitor jor-joran memasang di harga murah. Bagaimana memelihara pelanggan & memberikan service excellent?
  • Bagaimana berpromosi yang tepat, baik online dan offline dengan biaya minimal vs hasil maksimal.
  • Bagaimana membesarkan dan mengembangkan usaha ini dan menjadi profit?

Saya sangat berharap dengan mengikuti program Inkubator bisnis IWPC ini bisa membekali saya untuk semakin percaya diri dan mengembangkan usaha ini.

Demikian sharing saya.

Comments

comments

Share