Rina Susanti-Rz(1)Saat ini saya baru mempunyai ide untuk membuka sebuah usaha dibidang rumah jahit. Saya belum pernah menjalankan usaha ini sebelumnya. beberapa alasan mengapa saya ingin memiliki usaha sendiri dapat saya sampaikan sebagai berikut

1. Idealis nya, saya sangat mencintai kain batik dan tenun, kepala saya selalu terbayang kain kain batik yang cantik bisa saya pakai untuk pakaian sehari-hari. Saya ingin kain batik juga dipakai oleh wanita Indonesia dalam keseharianny untuk supply kain batik dan tenun juga tersedia sangat banyak.

2. Bapak dan Ibu saya  membuka usaha rumah jahitan, waktu SMA saya sudah membantu Bapak dan Ibu untuk menjahit baju

3. Banyak Ibu-ibu dan remaja putri di kampong saya yang pandai menjahit tetapi tenaga kerja tidak terserap karena kurangnya lapangan k Mereka tidak bisa pergi keluar kota sebab suaminya adalah petani dan buruh bangunan. Saya juga menginginkan mereka tetap bisa berkarya tetapi tidak meninggalkan kewajiban sebagai istri dan juga Ibu.

4. Maraknya busana muslim syari yang berbahan katun jepang, padahal kain batik juga sangat indah kalau dibuat busana muslim syari.

Potensi Pengembangan Usaha

Saya merasa bahwa saya memiliki dasar pengetahuan untuk mengelola usaha dibidang rumah jahitan, tetapi konsepnya adalah dengan membuat desain sendiri dengan quantity terbatas untuk setiap modelnya, focus saya adalah membuat busana muslim syari dengan bahan kain batik dan tenun, serta kombinasi ( harus ada unsur batik dan tenun),  Kemudahan mendapatkan supplai bahan baku batik dan tenun akan menjadikan bisnis dapat terus berjalan. Dan juga banyaknya ketersediaan tenaga kerja yang terampil juga mudah diarahkan agar supaya bisnis terus bertumbuh.

Strategi marketing untuk saat ini yang rencananya akan saya jalankan adalah melalui facebook fanspage. Apabila bisnis sudah berjalan nantinya ingin memiliki real boutique sebagai showroom koleksi saya, baik pakaian jadi, kain batik, kain tenun dan kerajinan tangan laiinnya yang dapat saling menunjang. Target produk saya adalah Wanita Muslimah berbusana Syari.

Untuk dapat memulai usaha ini saya ingin mendapatkan guidance dari para mentor yang memang berkompeten dibidangnya sehingga akan mendapatkan ilmu dan direction yang benar.   Dan juga mendapatkan informasi yang luas mengenai potensi meningkatkan bisnis. Dan dengan adanya kompetisi harapannya juga akan membakar semangat untuk dapat berprogress lebih baik dan lebih cepat.

Demikian saya sampaikan resume bisnis saya, terima kasih atas kesempatannya untuk bergabung dalam kompetisi IWPC 8, Semoga dapat cepat terealisasi impian saya yang sudah lama mengendap di kepala.

Hormat Saya, Rina Susanti

Comments

comments

Share