Sri-Alderina.jpgSeni/craft Oshibana memang belum terlalu popular di Indonesia, belum banyak yang mengenal dan tertarik untuk membeli produk Oshibana.

Agar craft Oshibana dikenal oleh masyarakat luas, tentu perlu mengedukasi mereka, “Ini lho yang namanya seni Oshibana…….”  Usaha yang sudah kami lakukan secara offline antara lain dengan mengikuti bazar-bazar, pameran dan memberikan workshop Oshibana, mulai dari sekolah-sekolah, kampus, sampai ke perkantoran bahkan memberikan kursus Oshibana di rumah. Kami juga pernah diberi kesempatan untuk memamerkan hasil karya Oshibana selama dua minggu di galeri mini Japan Foundation atas permintaan mereka.

Seiring dengan bertambah banyaknya yang join di fanpage dan makin banyak yang tertarik belajar craft Oshibana, akhirnya saya ditawarkan oleh penerbit Agro Media untuk membuat buku. Akhirnya karya tulis pertama saya terbit dengan judul OSHIBANA – Seni Bunga Press dari Jepang dengan nama pena : Rina Oshibana dan dipasarkan di jaringan buku terkemuka di seluruh nusantara.

Semakin hari semakin banyak  yang tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang saya dan seni Oshibana ini. Satu per satu media mulai meliput tentang Oshibana, baik dari media cetak maupun media elektronik. Media cetak tersebut antara lain : Koran Kompas, Martha Stewart Living Magazine, Tabloid Wanita Indonesia, Tabloid Genie, harian Pikiran Rakyat dll. Sementara media elektronik : Kompas TV, AnTeve, BChannel, MNC dll.

Target kedepan

  • Ingin menjadikan Oshibana ini jadi home industri yang dapat menyerap tenaga kerja di sekeliling tempat saya tinggal, utamanya ibu-ibu prasejahtera diluar komplek kami.
  • Bekerja sama dengan Wedding Organizer, sehingga roduk Oshibana menjadi produk pilihan favorite untuk souvenir pernikahan.
  • Bekerja sama dengan sekolah-sekolah agar memasukkan workshop Oshibana sebagai mata pelajaran tambahan/pillihan pada pelajaran kesenian/art atau bahkan menjadi kegiatan ekstra kurikuler..
  • Bekerja sama dengan Dekranasda untuk memasarkan produk Oshibana dan membagi ilmu seputar Oshibana kepada kelompok binaan pemda/dharma wanita/pkk di wilayah yang terdekat dengan domisili saya.
  • Memperoleh sponsor/link yang dapat memberikan pelatihan Oshibana di Jepang dan belajar secara langsung dengan para pakarnya….
  • Belajar bahasa Jepang secara otodidak  agar dapat membaca literature Oshibana berbahasa Jepang dan dapat berkomunikasi dengan komunitas Jepang yang ada di Indonesia.
  • Mencoba untuk bergabung dengan komunitas-komunitas yang suka akan kebudayaan Jepang dan sejenisnya.

 

 

Comments

comments